3 Mitos Pantai Selatan, Terus Dipercaya Sampai Hari Ini

3 Mitos Pantai Selatan, Terus Dipercaya Sampai Hari Ini

CLOUTPEDIA – Mendengar pantai selatan, pasti langsung terbayang kisah-kisah mistis yang sering terjadi di tempat tersebut. Meski hanya mendengar ‘katanya’ saja, tapi sudah cukup banyak korban berjatuhan.

Meski ada penjelasan secara sains, tapi masyarakat lebih percaya pada mitos-mitos yang sudah beredar di masyarakat sejak dulu sampai hari ini. Selain dipercaya adanya Ratu Pantai Selatan, mitos pantai selatan juga masih cukup banyak yang dipercayai oleh masyarakat.

Mitos ini tidak hanya dipercaya oleh penduduk di sekitar pantai saja, melainkan banyak masyarakat di luar juga mempercayai hal tersebut. Penasaran dengan mitos apa saja? Yuk, simak pembahasan mitosnya melalui artikel ini.

Mitos Pantai Selatan

Penduduk Indonesia memang tidak bisa dilepaskan dari hal-hal yang berbau mistis dan mudah sekali bagi hal seperti ini berkembang begitu cepat. Termasuk berbagai kisah pantai selatan terus berkembang dengan baik.

Tidak harus percaya secara langsung, tapi kenyataan manusia masih hidup berdampingan dengan dunia tersebut membuat kita tidak bisa mengabaikannya. Dan inilah mitos-mitos terkait dengan pantai selatan.

1.    Gerbang Gaib

Di Yogyakarta terdapat sebuah pantai yang dikeramatkan, karena dipercaya sebagai pintu gerbang juga pembatas antara dunia manusia dan dunia jin. Dunia jin atau gaib ini merupakan dari kerajaan Nyi Roro Kidul, meski tidak terlihat secara langsung oleh mata tapi hal ini banyak dipercayai.

Banyak dari sumber yang mempercayainya karena Pantai Parangkusumo merupakan muara Laut Selatan serta Sungai Opak. Keberadaan hal tersebut semakin diperkuat dengan adanya kepercayaan bahwa Panembahan Senopati, raja pertama kerajaan Mataram islam pernah bertapa di tempat tersebut.

Terlepas dari benar atau tidaknya menjadi gerbang ke alam lain, pantai ini dibuka sebagai destinasi wisata dan menyuguhkan keindahan alam terbaik.

2.    Terjalinnya Hubungan Ratu Pantai Selatan dengan Keraton Yogya

Rasanya tidak akan lengkap jika membahas dunia gaib, tanpa membahas Nyi Roro Kidul pemilik kerajaan gaib. Dan masih di pantai Parangkusumo, yang menjadi gerbang menuju alam lain. Disini juga menjadi tempat pertemuan yang terjadi antara Senopati dan Ratu Pantai Selatan.

Berdasarkan kisah yang beredar, pertemuan tersebut bukanlah sebuah pertemuan biasa melainkan mampu menumbuhkan benih cinta antara keduanya. Dan dari pertemuan inilah Senopati meminta bantuan untuk bisa menaklukan dan menguasai Mataram.

Tapi dengan syarat, bahwa Senopati dan keturunannya nanti harus menjadi suami dari Nyi Roro Kidul. Dengan adanya hubungan erat tersebut, semakin kuat dengan adanya upcara labuhan. Yakni sebuah acara yang konon, merupakan upacara pertemuan pertama yang terjadi antara keduanya.

3.    Larangan Memakai Pakaian Berwarna Hijau

Untuk mitos satu ini pasti sudah tidak asing dan pasti sering kita dengar. Warna hijau lekat sekali dengan Nyi Roro Kidul dan merupakan warna kesukaannya. Biasanya orang yang menggunakan pakaian berwarna hijau akan disukai oleh Nyi Roro Kidul dan kemudian diajak untuk menjadi pengikutnya.

Dan hidup di dunia gaib atau kerajaan Laut Selatan, mereka yang disukai akan dibuat tenggelam di laut kemudian kepercayaan dirinya akan diambil alih. Terlepas dari hal tersebut ada penjelasan logis. Bahwa warna hijau merupakan warna yang sama dengan air laut sehingga sulit membedakannya jika terseret oleh ombak.

 

Terlepas dari berbagai mitos pantai selatan tersebut, sebagai pengunjung pantai lebih baik lebih mengikuti aturan yang ada dan tidak bersikap banyak tingkah yang mengundang bahaya (redaksi: agen slot terpercaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *