5 Tips Merawat Tanaman Hias Jika Hendak Ditinggal Bepergian

5 Tips Merawat Tanaman Hias Jika Hendak Ditinggal Bepergian

CLOUTPEDIA – Bagi orang orang yang sangat menyukai tanaman hias, mereka pasti akan melakukan perawatan yang teratur untuk tanaman hias mereka. Tapi apa jadinya jika tiba tiba kamu harus bepergian jauh sedangkan kamu memiliki tanaman hias di rumah? Tentunya kamu tidak ingin tenaman itu layu karena ditinggal beberapa hari, bukan? Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan untuk berjaga jaga ketika harus pergi jauh? Berikut ini beberapa tips merawat tanaman hias jika hendak ditinggal bepergian untuk waktu yang lumayan lama, aga tanaman tersebut tidak layu.

  1. Membuatkan sebuah rumah kaca mini untuk tanaman hias punyamu

Sebelum kamu memutuskan ingin bepergian jauh, kamu bisa menyiapkan rumah kaca mini atau dikenal juga terarium khusus untuk tanaman hias milikmu. Rumah kaca mini ini nantinya akan membantu menghidrasi tanaman hias saat kamu bepergian jauh dan tidak bisa menyiram tanaman dengan teratur seperti biasanya.

Kamu juga bisa membeli rumah kaca mini ini yang merupakan produk daur ulang ataupun membuatnya sendiri. Jika kamu tertarik bereksperimen untuk membuat rumah kaca mini sendiri, maka ada beberapa bahan yang akan kamu butuhkan. Kamu perlu menyiapkan karet, plastik yang benning, dan handuk lembab.

Langkah pertama, isiskan kantong plastik tadi dengan air dan berilah lubang kecil di beberapa sisi di bawah kantong plastik tersebut. Bungkus dengan handuk lembab dan simpan di bagian bawah terarium bikinan kamu . setelah itu, air dalam kantong tersebut akan keluar lewat celah lubang sedikit demi sedikit dan membuat handuk tetap lembab. Handuk yang lembab ini tentunya sangat berguna sehingga tanah dalam terarium selalu terhidrasi tanpa takut layu.

  1. Memberikan nutrisi pada tanaman sebelum hendak bepergian

Jika kamu berniat untuk pergi selama beberapa hari, jangan lupa untuk memberikan nutrisi terlebih dahulu pada tanaman hias milikmu yang akan ditinggal. Berilah tanaman anda pupuk dan vitamin yang cukup agar tidak layu ketika ditinggal selama beberapa hari. Nutrisi ini penting untuk kamuberikan di tanah agar bisa menutrisi tanaman hiasmu dengan baik. Perhatikan juga kebutuhan dari tanaman hias tersebut. Kamu perlu mengenali apa saja yang dibutuhkan tanaman hiasmu. Misalnya saja sebagian tanaman hias tidak bisa teerpapar sinar matahari secara berlebihan dan cukup ditaruh di ruangan, ada pula tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk kepentingan pertumbuhannya.

  1. Membuatkan sistem pengairan sederhana untuk tumbuhanmu

Sebagian tanaman mungkin membutuhkan pasokan air yang cukup dalam memenuhi kebutuhannya. Untuk itu, jika kamu bepergian mungkin saja kamu tidak bisa memberikan kebutuhan tersebut secara maksimal. Ada beberapa langkah yang bisa kamu pilih untuk mengatasi masalah ini, salah satunya yaitu dengan membuatkan sistem pengairan yang sederhana saja.

Bahan yang kamu butuhkan diantaranya wadah yang berisi air, dan sumbu atau benang tebal. Letakkan wadah berisi air di dekat tanaman anda. Setelah itu, tempatkan salah satu unjung sumbu atau benang tebal ke dalam wadah berisi air sedangkan ujung lainnya ditaruh mengarah pada pot tumbuhan. Kamu juga harus memastikan bahwa ujung sumbu atau benang tebal tersebut menyentuh dasar wadah air agar air nantinya bisa habis sampai dasar. Untuk sumbu satunya setidaknya memasuki pot sedalam 7 cm.

Di saat tanah mengering dan membutuhkan air, maka air pada wadah akan mengaliri dan memberi kelembapan pada tanah tanaman tersebut.

  1. Membuat suatu sistem irigasi jika dibutuhkan

Bagi kamu yang sudah memiliki banyak tumbuhan dan bingung ketika ingin meninggalkannya, kamu bisa mencoba untuk membuatkan tanaman tanamanmu suatu sistem irigasi. Hal ini tentunya akan lebih menghemat waktu dan tenaga jika kamu memiliki banyak tumbuhan yang perlu dirawat. Selain itu juga tanaman akan lebih terhidrasi secara teratur dengan sistem irigasi tersebut.

Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih, misalnya saja sistem irigasi otomatis yang akan menyiram tanaman sesuai jadwal yang telah kamu buat. Jadi kamu tidak perlu lagi merasa khawatir ketika hendak bepergian.

Itulah tadi beberapa tips merawat tanaman hias jika hendak ditinggal bepergian, yang bisa kamu lakukan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi ketika ingin bepergian sedangkan memiliki tanaman hias di rumah. (Redaksi: SITUS JUDI SLOT )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *