Daftar Makanan Yang Baik Untuk Diet Yang Sehat

Daftar Makanan Yang Baik Untuk Diet Yang Sehat

CLOUTPEDIA – Diet merupakan salah satu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal. Sehingga, tidak jarang istilah diet ini dikaitkan dengan penurunan berat badan. Berbagai cara pun diupayakan untuk mendapatkan berat badan yang diimpi-impikan. Bahkan beberapa orang melakukan diet ketat hingga melupakan apa esensi diet yang sebenarnya.

Diet itu tidak hanya sekedar membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, tetapi juga memilih jenis makanan yang sehat untuk dikonsumsi serta mengatur porsinya. Namun, walaupun kamu sedang menjalani diet, kamu tidak boleh melupakan kandungan-kandungan nutrisi yang harus ada di makanan mu. Jangan sampai makanan yang kamu makan justru malah membuatmu menjadi kekurangan gizi. Nah, berikut adalah beberapa daftar makanan sehat yang bisa kamu coba ketika menjalani diet.

Dada Ayam

Banyak orang bilang ayam tidak baik untuk dikonsumsi saat diet, pasalnya ayam memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Tapi tahukah kamu bahwa tidak semua bagian tubuh ayam mengandung lemak, contohnya dada ayam. Bahkan, jika dibandingkan dengan bagian paha, bagian dada ayam memiliki kandungan lemak jenuh yang jauh lebih rendah.

Malah, dada ayam merupakan bagian dengan kandungan zat besi dan protein yang tinggi. Itu kenapa, konsumsi dada ayam dalam masa diet sangat dianjurkan untuk menambah asupan protein. Tentunya kamu bisa mengolah dada ayam ini dengan berbagai cara yang sehat, misalnya dipanggang atau di sop. Hindari memasak dada ayam dengan cara digoreng, karena ini dapat merusak kandungan nutrisi di dalamnya.

Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh kita. Termasuk bagi kamu yang tengah menjalani diet. Telur biasanya kaya akan berbagai kandungan nutrisi mulai dari protein, vitamin D dan Kolin. Kamu bisa mengkonsumsi telur ini dengan cara direbus dan dikombinasikan dengan sayur mayur. Agar lebih sehat, kamu dapat mengkonsumsi bagian putih telurnya saja. Dalam satu butir putih telur kamu akan mendapatkan nutrisi sebesar 406 gram protein. Jumlah ini cukup besar untuk menambah energi kamu selama diet.

Daging sapi

Siapa bilang daging sapi tidak boleh dikonsumsi selama diet? Justru daging sapi merah merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi yang baik untuk diet. Tapi ingat, kamu harus memilih daging sapi dengan tanpa lemak. Biasanya daging tanpa lemak ini bisa kamu dapatkan pada bagian sekitar leher atau has luar.
Daging sapi merah tanpa lemak umumnya mengandung beberapa sumber energi dan vitamin seperti protein, zat besi, vitamin B12, mineral dan juga zink. Untuk menyantap daging sapi selama menjalani diet, Anda dapat melakukannya dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang di atas wajan anti lengket.

Kentang

Jangan pernah melupakan sumber karbohidrat selama diet, karena ini bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda. Untuk menghindari nasi yang mengandung terlalu tinggi kalori, kamu bisa mengganti sumber karbohidrat ini dengan yang lainnya, seperti kentang. Kentang diketahui memiliki kandungan kalori yang relatif rendah serta memiliki kandungan kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah.

Tidak hanya itu, kentang juga diketahui memiliki beberapa kandungan nutrisi lain seperti vitamin B1, vitamin B9, vitamin C dan vitamin B6. Untuk mengolah kentang sebagai pengganti nasi, kamu bisa melakukannya dengan cara direbus atau dikukus.

Kacang-kacangan

Salah satu menu diet sehat lainnya yang cukup terkenal adalah berbagai jenis kacang-kacangan. Sumber makanan ini disebutkan mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung sumber zat besi dan asam folat yang baik dalam mencegah penyakit anemia.

Kacangan-kacangan juga merupakan sumber protein nabati yang baik untuk pembangunan tubuh dan sumber serat yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama. Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kamu konsumsi. Beberapa diantaranya yaitu kacang kedelai, kacang tanah dan kacang merah. Kamu bisa variasikan cara mengolahnya sesuai selera.

Brokoli

Pecinta brokoli harus mulai berbahagia, karena sayuran ini masuk ke dalam salah satu makanan yang paling direkomendasikan ketika kamu sedang menjalani diet. Brokoli diketahui memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia. Di dalam brokoli terdapat sebagian besar kandungan vitamin C, karbohidrat dan juga serat. Mengkonsumsi brokoli selama diet akan membantu kamu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan sayuran ini juga baik untuk sistem pencernaan kamu.

Alpukat

Alpukat bisa bikin tubuh jadi gemuk? Jangan salah kaprah, buah berwarna hijau dengan tekstur creamy ini justru sangat baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah. Sebab, lemak yang terkandung di dalam buah alpukat merupakan lemak tak jenuh yang sangat baik. Kamu bisa mengandalkan alpukat ketika kamu merasa lapar, buah ini benar-benar bisa membuat perutmu menjadi lebih kenyang tanpa perlu takut gemuk.

Oatmeal

Oatmeal juga bisa menjadi alternatif karbohidrat yang baik bagi tubuh selama menjalani diet. Oatmeal memiliki kandungan kalori yang lebih kecil jika dibandingkan dengan nasi. Kamu bisa mengkonsumsi oatmeal ini setiap kali merasa lapar.

Itulah beberapa rekomendasi makanan sehat untuk diet yang bisa kamu coba di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *