Dapat Subur, 7 Tanaman Hias Ini Bisa kamu Coba di Media Air

Dapat Subur, 7 Tanaman Hias Ini Bisa kamu Coba di Media Air

CLOUTPEDIA РUmumnya tanaman hanya dapat ditanam di tanah, tetapi ada beberapa tanaman yang bisa dibudidayakan dengan media air. Menanam tanaman hias pun menjadi salah satu aksen dalam dekorasi suatu rumah.

Sekilas Mengenai Tanaman Hias

Pada umumnya tanaman hias bertujuan untuk mempercantik ruangan. Seperti namanya, tanaman hias ini memiliki tujuan dan manfaat sebagai penambah nilai estetik dari suatu ruangan. Tanaman ini dapat mencakup segala jenis tumbuhan baik tanaman yang merambat, semak-semak, bahkan bisa juga pohon.

 

Penggolongan Tanaman Hias

Agar menciptakan lingkungan hidup yang nyaman dan menyenangkan menjadi salah satu tujuan dari penataan tanaman hias, dan biasanya bentuk dari penataan tanaman hias berupa pekarangan atau taman. Sebelum dijadikan pedoman dalam pemilihan tanaman hias, kita perlu mengenal beberapa jenis tanaman hias seperti:

  1. Tanaman Hias Akar

Tanaman hias akar yaitu tanaman yang memiliki keunggulan di bagian akarnya seperti untuk menopang tanaman yang berada di bawahnya. Tanaman yang termasuk dalam kelompok ini yaitu Ficus Elastica, Canarium spp, dan sebagainya.

 

  1. Tanaman Hias Pohon

Karena adanya corak yang menarik, membuat pohon bisa dijadikan sebagai tanaman hias. Biasanya pohon dijadikan sebagai tanaman hiasan yang ditanam di area outdoor atau dalam bentuk bonsai. Beberapa jenis tanaman hias pohon berupa beringin, bambu jepang, bambu kuning, pinang, dan lain-lain.

 

  1. Tanaman Hias Buah

Tanaman hias buah merupakan tanaman berbuah yang buahnya memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Tanaman hias buah ini dapat berupa tomat hias (krismil), jeruk nagami, zaitung, kacang amazon, serta nanas hias lava bust

 

  1. Tanaman Hias Bunga

Bunga menjadi salah satu icon terpenting pada tanaman khususnya tanaman hias, karena bunga menjadi daya tarik utama. Beberapa tanaman hias bunga di antaranya mawar, melati, anggrek, dan lain-lain.

 

  1. Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun secara umum merupakan tanaman yang tidak memiliki bunga, tetapi letak keindahan yang dimilikinya ada pada daunnya yang berbentuk unik dan menarik perhatian. Beberapa jenis tanaman hias daun yaitu suplir, aglaonema, kuping gajah, paku, tanduk rusa, dan lain-lain.

 

 

Beberapa Pilihan Tanaman Hias yang Dapat Ditanam menggunakan Air Sebagai Medianya

Menanam tanaman hias dengan media air tidaklah sulit dilakukan. Kita cukup mengambil potongan akar tepat di bawah simpul. Tak lupa siapkan wadah untuk menjadi tempat potongan akar tanaman. Kemudian toples kaca dengan leher tipis yang dapat digunakan untuk menanam tanaman hias tersebut. Setelah tanaman memiliki akar dengan panjang satu inci, maka tanaman dapat dipindahkan ke tanah pot jika diinginkan

Berikut beberapa tanaman hias yang bisa dibudidayakan dengan media air berikut caranya:

  1. Sirih Gading

Pada umumnya tanaman Sirih Gading mudah sekali dibudidayakan dengan media air. Pertama, siapkan gunting tanaman lalu potong batang tanaman di bawah simpul, lalu rendam dalam air selama 2 minggu sampai terlihat akarnya. Setelah pucuknya terlihat tempatkan tanaman Sirih Gading ke dalam tanah untuk terus bertumbuh.

 

  1. Ara Biola

Tanaman lain yang sangat mudah untuk ditanam dalam air yaitu Ara Biola. Agar ingin hasil yang terbaik, usahakan cari potongan dengan mempunyai banyak simpul. Setelah itu letakkan potongan simpul di wadah yang berisi air tawar di tempat yang tidak terkena langsung cahaya matahari, dan tunggu hingga bertumbuh. Akar tanaman Ara Biola akan mulai terlihat dalam waktu sekitar 6 minggu.

 

  1. Tanaman Giok

Tanaman Giok merupakan tanaman sukulen yang dengan mudah dibudidayakan. Namun yang menjadi permasalahan umum untuk menanam Tanaman Giok yaitu rentan terhadap pembusukan. Tetapi jika Tanaman Giok merambat dalam air, biarkan batangnya mongering, lalu gunakan hormon perakaran yang memiliki sifat antijamur.

 

  1. Tanaman Karet

Umumnya Tanaman Karet ini berhasil ditanam di tanah, tetapi tidak lupa juga bisa ditanam dengan media air. Caranya dengan mengambil potongan dengan panjang sekitar 15 cm dan masukkan ke dalam wadah berisi air. Pastikan untuk mengganti air seminggu dua kali, karena Tanaman Karet rentan terhadap pembusukan. Stek tanaman Karet perlu waktu 12 minggu atau lebih untuk berakar di dalam air.

 

  1. Tanaman Laba-laba

Tanaman Laba-laba tumbuh subur dengan memilik banyak anakan yang tumbuh. Pertama potong anakan tanaman laba-laba yang mempunyai inti kecil di atasnya. Lalu tempatkan di dalam air pastikan hanya akar yang tertutup. Terakhir pilih tempat dengan intensitas cahaya yang tidak terang dan tunggu sampai akarnya tumbuh.

 

  1. Monstera

Pertama ambil potongan tanaman Monstera dan masukkan ke dalam air. Perlu diingatkan tanaman Monstera ini senang dalam semua situasi cahaya. Tetapi jika dirasa Monstera tidak tumbuh dengan baik, cobalah untuk menempatkannya pada tempat yang pencahayaannya  lebih terang.

 

  1. Bambu Rejeki

Tempatkan potongan Bambu Rejeki dalam segelas kecil air botolan. Kemudian pilihlah tempat dengan sinar matahari yang tidak langsung, jangan lupa untuk mengganti airnya seminggu sekali.

Itulah tadi beberapa tanaman hias yang bisa dibudayakan dengan media air, cocok bagi kamu sebagai pemula untuk mencobanya. (redaksi: slot deposit pulsa tanpa potongan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *