Kamu Ingin Menikah? Bacalah Tips Mempersiapkan Dana Sebelum Pernikahan Berikut ini

Kamu Ingin Menikah? Bacalah Tips Mempersiapkan Dana Sebelum Pernikahan Berikut ini

CLOUTPEDIA РPernikahan memanglah impian semua orang. Ada yang menginginkan pesta mewah, ada pula yang menyukai konsep sederhana. Hal paling penting yang perlu disiapkan ketika hendak merencanakan pernikahan impian adalah tentang dana pernikahan. Walaupun dalam mempersiapkan dana untuk pernikahan memanglah tidak semudah itu ya !

Supaya pernikahan impian mu bisa terwujud, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lho dalam mempersiapkan dana. Berikut ini adalah beberapa tips dalam mempersiapkan dana ketika ingin menikah. Simak baik-baik sampai akhir, ya !

Tips Mempersiapkan Dana Sebelum Pernikahan

Tentunya kita tidak ingin menghambur-hamburkan uang dalam menggelar pesta bukan ? Karena pada hakikatnya pesta pernikahan adalah bukan babak akhir. Melainkan babak awal dalam menjalin sebuah keluarga. Untuk itu, kita harus cermat dalam menghitung biaya pernikahan tersebut.

  1. Menentukan siapa sajakah yang akan berkontribusi di dalam acara

Tahap awal sebelum membuat tabungan untuk persiapan pernikahan, lebih baik menentukan terlebih dahulu siapa saja yang berkontribusi dalamnya nanti. Kita ketahui Bersama bahwa pernikahan merupakan momen ketika tidak hanya kedua insan bersatu tetapi juga kedua keluarga pasangan.

Saat merencanakan pernikahan tentunya kita harus melibatkan pula pihak keluarga dalam beberapa kategori seperti tanggal pernikahan, tamu undangan, catering, dsb. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya bukan jika kita menanyakan kepada keluarga khususnya kedua orangtua apakah mereka keberatan untuk ikut berkontribusi.

  1. Memperkirakan anggaran pengeluaran

Kedua, setelah mengetahui siapa saja orang yang akan berkontribusi, tiba saatnya menentukan jumlah orang yang akan dikumpulkan bersama pasangan. Dengan cara, mengurangi jumlah pemasukan dengan jumlah pengeluaran untuk keperluan hal-hal tidak terduga tiap bulannya.

Utamakanlah jumlah yang bisa ditabung untuk biaya pernikahan. Nah, angka ini juga yang akan membantumu untuk menentukan bujet pernikahan jika dikumpulkan dalam jangka waktu tertentu.

  1. Merencanakan banyaknya tamu undangan

Ketiga, utamakan sebelum menentukan gedung, catering maupun suvenir, kita harus menentukan terlebih dahulu perkiraan jumlah tamu yang akan diundang.

Perlu diperhatikan, tidak hanya memperhitungkan jumlah yang akan dating. Namun, perlu juga memperhitungkan persentase ketidakhadirannya. Bisa kita gunakan satuan angka sebesar 10%.

Contoh dan perincintan keperluan dana pernikahan adalah seperti berikut :

Total tamu yang akan di undang : 1000 x 2 = 2.000 Orang.

Persentase ketidakhadiran : 10% x 2.000 = 200 Orang.

Jadi, perkiraan total jumlah undangan yang akan datang berjumlah 1800 orang.

  1. Hitung pemangkasan biaya

Saat menyusun budget pernikahan, tidak ada salahnya pula untuk menentukan prioritas dan pemangkasan biaya. Sebaiknya diskusikanlah terlebih dahulu dengan pasangan terkait aspek mana yang akan menjadi prioritas utama.

Misalnya saja, dari segi menu makanan dan jumlah tamu undangan, makeup pengantin, baju pernikahan dan sebagainya. Apabila sudah menentukan prioritas, akan mempermudah kita untuk memangkas biaya aspek lainnya.

  1. Menghitung ulang dengan teliti

Tahap terakhir, saatnya untuk menghitung budget yang harus dikeluarkan demi mewujudkan pernikahan impian. Agar mempermudah buat tabel hitungan agar dapat menentukan angka pemasukan dan alokasi belanja yang perlu dibayarkan secara lebih detail.

Selain itu, lakukanlah penyesuaian budget yang kamu dengan vendor-vendor yang diinginkan. Apabila vendor yang diinginkan tidak sesuai dengan budget, sebaiknya kita harus berbesar hati dan mencari vendor lain yang sesuai.

Demikianlah d beberapa tips yang harus dilakukan ketika akan mempersiapkan dana pernikahan. Tentunya, masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan pernikahan diantaranya adalah mental dan keluarga. (redaksi: situs slot gacor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *