Siapa Sangka ! Konsumsi Ubi Cilembu Aman untuk Diabetes

Siapa Sangka ! Konsumsi Ubi Cilembu Aman untuk Diabetes

CLOUTPEDIA – Ubi cilembu tidak hanya nikmat disantap sebagai makanan berat maupun penutup. Siapa sangka ternyata aman untuk diabetes juga lho. Kita semua tahu bahwa penyakit diabetes tidak boleh sembarang saat memilih makanan.

Dapat hidup hanya di Indonesia membuatnya menjadi spesial dan banyak disukai oleh masyarakat lokal. Karena keunikan rasanya membuat tanaman satu ini terkenal sampai manca negara.

Ciri khas dan uniknya ubi cilembu aman untuk diabetes

Setiap tanaman tentunya memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Begitupun dengan ubi cilembu yang berasal dari daerah Sumedang, Jawa Barat ini.

Memiliki cairan manis layaknya madu adalah salah satu ciri khasnya. Sehingga tidak perlu memerlukan banyak cara untuk mengolahnya. Cukup di panggang sudah memiliki kenikmatan luar biasa.

Dengan cara di panggang juga tidak akan merusak nutrisi di dalam ubi tersebut. Sebab tanaman ini mengandung banyak sekali nutrisi baik untuk tubuh.  Seperti vitamin C,A, B6, serta mineral.

Lalu mengapa ubi cilembu aman untuk diabetes? Alasannya adalah karena ubi merupakan sumber karbohidrat kompleks dan sangat baik untuk penderita gula darah (dabetes).

Selain karena kandungan krobohidratnya, juga memiliki kandungan gula alami sebagai pemanis namun tidak akan berefek apapun terhadap penderita gula darah karena berbeda dengan gula asli.

Meskipun tidak berbahaya, namun harus tetap memperhatikan dosis perhari, yaitu tidak boleh melebihi 130 gram atau 1 buah ubi berukuran tidak terlalu besar. Dosis tersebut sudah cukup untuk menggantikan nasi pada tubuh kit.

Manfaat konsumsi ubi cilembu

Sudah sedikit disinggung di awal pembahasan, ubi cilembu jelas memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut adalah ulasan selengkapnya :

  1. Menghilangkan bosan

Ubi cilembu atau ketela rambat bisa menjadi sebuah pilihan sebagai teman ngopi di pagi atau sore hari. Hangatnya bisa merelaksasi pikiran dan meredakan stress.

Sebab bukan hanya aman untuk diabetes ketela rambat ini mengandung sebuah senyawa mineral potassium yang bisa megurangi stress berlebih pada tubuh. `

  1. Cocok untuk menurunkan berat badan

Seperti kita tahu menurunkan berat badan bukanlah hal mudah. Perlu banyak pengorbanan dan pola hidup yang teratur. Salah satu menu untuk menemani diet kamu adalah ubi cilembu panggang atau rebus.

Dapat divariasikan juga dengan yogurt apabila kamu merasa bosan. Alasan mengapa tanaman ini dapat menurunkan berat badan yaitu karena mengandung kalori rendah sehingga jika dikonsumsi secara terus-menerus tidak akan mempengaruhi kenaikan berat badan.

Selain kalori juga mengandung serat alami yang dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi jika dikonsumsi bersama kulitnya. Umbi-umbian ini secara ilmiah dapat mengecilkan seluruh sel lemak.

  1. Sumber berbagai vitamin

Asupan vitamin sangat diperlukan oleh tubuh. Berbagai jenis vitamin tersebut merupakan Vitamin A, C dan E. Vitamin A sendiri berperan sebagai kesehatan bagi penglihatan kita, mengatur keefektivan metabolism dan menjaga kekebalan bagi tubuh.

Tidak hanya aman untuk diabetes konsumsi rutin ketela rambat ini bisa mengurangi berbagai penyakit menular dari sekitar kita.

Sedangkan Vitamin C dan E memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, karena kandungan antioksidan tinggi dapat memperkuat pertahanan alami dari berbagai penyakit.

Olahan ubi cilembu untuk diet

Seperti yang sudah kita bahas diatas alasan dari tanaman ini tidak hanya aman untuk diabetes melainkan baik untuk orang yang sedang melakukan program diet karena begitu tingginya kandungan karbohidratnya.

Berikut adalah dua jenis resep olahan yang cocok untuk diet menemani diet kamu :

  1. Ubi panggang keju mozarela

Langkah 1 : Siapkan alat dan bahan

  1. Alat :

– Oven

– Parutan keju

– Piring saji

– Pengoles makanan

– Alumunium voil

  1. Bahan

– 3 buah ubi berukuran sedang

– Keju mozarela

– Minyak zaitun secukupnya

– 3 buah mangga ukuran sedang

– 1 butir telur

– Garam halus secukupnya

– Lada bubuk secukupnya

Langkah 2 : Proses pembuatan

– Pertama, ambilah tiga buah ubi berukuran sedang lalu kupas dan bersihkan. Kemudian sisihkan pada wadah bersih.

– Kedua susun bahan utama tersebut di atas wadah yang sudah dilapisi alumunium voil hingga tertutup sempurna.

– Tak lupa sebelum ditutup dengan alumunium voil, tambahkan keju mozarela diatasnya

– Ketiga, panaskan oven hingga suhu 350 derajat.

– Keempat, jika sudah panas masukkan bahan utama tersebut kedalam oven, tunggu sampai kurang lebih 15 menit.

– Kelima, sebelum mencapai 15 menit pemanggangan matikan sebentar oven tersebut untuk mengolesi dengan minyak zaitun. Jika dirasa sudah rata masukkan lagi kedalam oven.

– Keenam, mangga yang sudah kita siapkan cuci bersih lalu potong dadu. Kemudian goreng satu butir telur menjadi mata sapi. Mangga tersebut ditaruh kedalam mangkuk.

– Terakhir, angkat ubi dari oven lalu buang alumunium voil yang masih melekat. Taruh bahan tersebut diatas potongan manggadan diberi telur mata sapi diatasnya. Siap disantap.

Olahan ubi cilembu untuk anak-anak

Anak-anak memiliki selera berbeda dari orang dewasa. Pada umumnya mereka lebih menyukai makanan dengan rasa manis dan gurih. Para ibu dituntut agar pandai mengkreasikan makanan tersebut.

Tidak terkecuali dengan olahan berbagai ubi untuk anak ini. Bagi ibu-ibu yang kekurangan ide bias mencoba resep dibawah ini :

Bola-bola coklat keju

 

Langkah 1 : siapkan alat dan bahan

  1. Bahan

-1,5 kg ubi cilembu

– 150 gram tepung tapioka

– 6 sdm gula halus

– garam halus secukupnya

– vanili secukupnya

– minyak goreng secukupnya

– 60 gram coklat batangan

– 6 sdm tepung terigu

– 100 ml air bersih

– tepung roti secukupnya

  1. Alat

– sendok

– mangkuk

– wajan atau Teflon

– panci pengukus

Langkah 2 : proses pembuatan

Pertama, ambilah 1,5 kg ubi cilembu lalu kupas dan bersihkan. Tak lupa potong dengan ukuran lebih kecil agar proses menumbuk menjadi lebih mudah.

Kedua, panaskan panci lalu masukkan ubi kedalam panci kukus selama kurang lebih 20 menut tersebut hingga memiliki tekstur empuk.

Ketiga, apabila sudah cukup empuk angkat dan pindahkan pada mangkuk.

Keempat, haluskan menggunakan sendok hingga membentuk adonan yang kalis. Bulat-bulatkan berbentuk bola.

Kelima, saat proses pembualatan tersebut belah tengah adonan da nisi menggunakan coklat batang di dalamnya.

Keenam, bola-bola yang sudah dibentuk segera balutkan kedalam tepung roti sebelum digoreng.

Ketujuh, panaskan minyak goreng pada wajan. Lalu goreng bola-bola itu sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Terakhir, lelehkan coklat batangan lalu siram keatas bola ubi tersebut hingga terlapisi dengan sempurna. Beri taburan parutan keju diatasnya sebagai hiasan sekaligus menambah kenimatan makanan ini.

Anak-anak pasti akan merasa ketagihan karena kelezatannya.  Konsumsi dengan cara yang tepat tidak akan menimbulkan masalah besar serta aman untuk diabetes. (Redaksi:  SLOT ONLINE GACOR )

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *