Tips Ampuh Merawat Rambut Tetap Sehat Walau Tertutup Hijab

Tips Ampuh Merawat Rambut Tetap Sehat Walau Tertutup Hijab

CLOUTPEDIA –¬† Dalam merawat rambut berhijab memiliki tips tersendiri yang tentunya sedikit memiliki perbedaan dari tidak berhijab. Kebanyakan orang mengira bahwa memakai hijab akan memperkecil kerusakan rambut.

Karena terhindar dari sinar matahari langsung dan penggunaan haispray berlebih. Akan tetapi faktanya tidak semudah yang dibayangkan.

Justru saat pemakaian hijab tersebut menyebabkan rambut lembab dan berminyak. Oleh karena itu, para hijaber harus memperhatikan hal-hal pokok perawatan rambut.

8 Tips merawat rambut berhijab

Jilbab memang menutupi seluruh area kepala, terutama rambut. Walaupun tidak terlihat, jangan menjadi sebuah alasan untuk mengabaikan perawatannya.

Justru penggunaan jilbab dapat menimbulkan beberapa masalah baru, seperi rontok, berminyak dan ketombe.

Tidak terjadi secara bersamaan, namun dalam kurun waktu lama satu persatu beberapa tanda kerusakan dalam kadar ringan hingga parah akan terjadi.

Agar semua itu tidak terjadi kepadamu, maka lakukanlah beberapa tips merawat rambut berhijab berikut ini dengan baik :

 

  1. Hindari mengikat, mengepang, atau menyanggul rambut terlalu kencang

Apakah kamu termasuk salah satu dari ketiga hal diatas ? Jika iya, sebaiknya mulailah belajar untuk menguranginya.

Efek samping tercepat yang dirasakan biasanya pusing atau nyeri. Cobalah untuk mengurangi kebiasaan mengikat atau menyanggul rambut terlalu kencang agar rambutmu tidak mendapatkan tekanan.

Biarkan saja rambutmu tergerai alami atau gunakan ikat rambut berukuran kecil. Agar akar rambut bisa bernafas dan tidak mendapatkan tekanan yang berarti.

  1. Hindari pemakaian hijab saat rambut basah

Hal ini sangat tidak dianjurkan karena rambut yang basah memiliki potensi kerontokan tinggi. Ditambah dengan pemakain jilbab, membuat rambut tidak bisa bernafas.

Jika dibiarkan terus menerus maka akan mengalami kerontokan ekstra. Selain itu juga bisa menimbulkan berbagai masalah lain, salah satunya adalah ketombe.

  1. Sering-seringlah berkeramas

Tips merawat rambut berhijab selainjtnya yaitu keramas memiliki banyak manfaat bagi kulit kepala. Sebab, kulit kepala menjadi bersih serta terhindar dari berbagai bakteri jahat.

Penggunaan jilbab seharian penuh, membuat keringat otomatis menempel pada helaian rambut. Jadi, solusi ampuh untuk menghilangkan bakteri tersebut yaitu keramas secara rutin. Bisa dilakukan setiap hari atau dua hari sekali.

  1. Jangan mengikat rambut di tempat yang sama setiap saat

Hal ini tidak boleh dilakukan karena meminimalisir kerontokan dan kebotakan pada rambut. Jika mengikat rambut di tempat yang sama setiap saat, maka otomatis mempengaruhi kekuatan di bagian tersebut.

Alangkah lebih baik agar kamu sesekali mengganti posisi mengikat. Misalnya saat sedang tidak memakai hijab dirumah cobalah untuk di urai. Agar rambut bisa bernafas.

  1. Pakailah shampo serta conditioner khusus Rambut berhijab

Alasan suatu produk khusus rambut berhijab lahir di pasaran merupakan dari problem rambut yang kerap dirasakan oleh wanita berhijab. Masalah tersebut diantaranya kerontokan, ketombe, rapuh, hingga lepek.

Jika kamu memakai jilbab lalu mengalami beberapa masalah, sebih baik mempertimbangkan apakah perlu mengganti sampo dengan produk khusus rambut wanita berhijab.

Sebab kondisi kulit kepala setiap orang berbeda bisa berubah seiring waktu tergantung oleh aktivitas sehari-hari, sebaiknya shampo yang digunakan pun menyesuaikan keluhan.

Perhatikan lalu catatlah apa saja permasalahan rambutmu dan buat wishlist berbagai produk shampoo dan conditioner yang sesuai kebutuhan. Terkadang kita harus berani mencoba berbagai produk sebelum menemukan produk perawatan yang cocok.

  1. Menjaga Kebersihan Jilbab dan Ciput

Mencuci jilbab setelah seharian dipakai untuk beraktivitas adalah termasuk bagian dari cara merawat rambut berhijab. Sebab, jilbab kotor akan menjadi sarang bakteri.

Betapa tidak nyamannya mengenakan jilbab di lingkungan yang panas dan gerah. Jelas cepat basah karena keringat, lembap, dan bau apek tak sedap pada rambut membuat hilangnya rasa percaya diri.

Kamu dapat mengatasi masalah ini dengan mulai menjaga kebersihan termasuk ciput yang kamu kenakan setiap hari. Rutin ganti dengan stok bersih jika hijabmu kotor atau basah oleh keringat.

Tidak ada salahnya bukan untuk selalu berjaga-jaga dengan menyiapkan kerudung cadangan jika diperlukan nantinya? Demi kenyamanan diri sendiri dan orang terdekat kita.

  1. Lakukan potong rambut secara berkala

Meskipun penggunaan kerudung tidak akan membuat rambutmu terlihat, tetapi apa salahnya untuk tetap merawat rambut berhijab.

Memotong rambut secara berkala bertujuan agar rambut tidak mudah rusak dan rontok. Sebab tanpa kita sadari, jika rambut dibiarkan panjang otomatis cara mengikatnya pun semakin kenncang.

Saat keramas juga membutuhkan waktu lumayan lama sampai pada proses pengeringan. Jika hal ini dibiarkan dan dilakukan terus-menerus maka kerusakan rambut akan menghampirimu.

  1. Memilih bahan hijab yang nyaman

Nyaman tidak berarti harus mahal. Dengan mencuci secara rutin setiap hari, akan membuat kenyamanan lebih saat dikenakan.

Selain itu juga pilihlah bahan kerudung dengan tekstur lembut. Tidak berbahan tebal ataupun tidak terlalu tipis.

Bila memungkinkan, pilihlah kerudung dengan bahan serat alami yang ringan, seperti kain chiffon atau kain katun. Bahan kain katun akan memberikan lebih banyak udara pada kulit kepala, sekaligus dapat menjaga rambut tetap tertutup.

Apakah penggunaan vitamin rambut itu perlu bagi wanita berhijab ?

Jika pertanyaan ini muncul dibenakmu, tentu memiliki jawaban sangat perlu. Tetapi, kembali dengan pribadi masing-masing.

Jika kamu bisa merawat kebersihan rambut secara rutin, maka penggunaan vitamin bisa di alihkan. Namun jika kamu merasa masih kurang dalam merawat maka sebaiknya menggunakan vitamin adalah jalan ninja terbaik.

Faktanya memiliki rambut indah dan sehat adalah menjadi dambaan semua orang. Berbagai perawatan pun dilakukan agar mendapat hasil maksimal.

Salah satu jenisnya bisa dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi guna memastikan asupan vitamin yang diperlukan tubuh sudah cukup.

Tetapi, hanya menjaga asupan makanan saja belumlah cukup. Agar rambut tetap sehat, kamu juga memerlukan perawatan ekstra secara eksternal (luar) melalui vitamin rambut.

Penggunaan Vitamin rambut secara rutin memiliki fungsi bermacam-macam, dimulai dari membantu melindungi kulit kepala dari efek kerusakan matahari, melembutkan, serta membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Selain itu juga memiliki manfaat untuk membantu proses pertumbuhan babyhair. Vitamin tersebut akan menstimulasi proses pertumbuhan lebih cepat.

Antioksidan yang terkandung didalam produk vitamin dapat memperlancar sirkulasi peredaran darah pada kulit kepala sehingga rambut mendapatkan nutrisi seimbang.

Hasilnya, proses pertumbuhan rambutmu akan berlangsung maksimal dan tidak rentan mengalami kerontokan parah atau kebotakan permanen

Dengan begitu banyaknya manfaat, lantas apakah diperbolehkan untuk menggunakan vitamin rambut setiap hari ?

Penggunaan vitamin diperbolehkan dipakai maksimal tiga sampai empat kali dalam seminggu. Dengan tatacara maksimal 30 menit setelah keramas.

Tidak dianjurkan untuk dipakai apabila rambut dalam keadaan kering, sebab akan menimbulkan masalah lepek pada rambut. Selain itu juga akan memperbanyak kandungan minyak di kulit kepala.

Bukan menghasilkan rambut sehat dan terawat, malah sebaliknya menjadi rusak akibat salah dalam tatacara penggunaan vitamin tersebut sebagai salah satu cara merawat rambut berhijab. (Redaksi:  SLOT DEPO PULSA )

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *